Minggu, 16 April 2017

TUGAS PENGANTAR MANAJEMEN - MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah sehingga tugas ini dapat diselesaikan oleh penulis. Tugas ini telah kami susun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Manajemen. Penulis mengucapkan kepada Ibu Dedeh yang telah bersedia menjadi narasumber tugas Pengantar Manajemen “Manajemen Sumberdaya Manusia di Cappucino Cincau Starbooth, Babakan Tengah”.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wonny Ahmad Ridwan selaku dosen mata kuliah Pengantar Manajemen. Kami menyadari dalam penyusunan tugas masih ada kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu mohon kritik dan saran yang membangun.


Bogor, 20 April 2016
Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Salah satu sumber daya yang penting dalam manajemen adalah sumber daya manusia atau human resources. Pentingnya sumber daya manusia ini, perlu disadari oleh semua tingkatan manajemen. Bagaimanapun majunya teknologi saat ini, namun faktor manusia tetap memegang peranan penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Menurut Buchari Zainun (2001) manajemen sumber daya manusia merupakan bagian yang penting, bahkan dapat dikatakan bahwa manajemen itu pada hakikatnya adalah manajemen sumber daya manusia atau manajemen sumber daya manusia adalah identik dengan manajemen itu sendiri. Dalam suatu organisasi bisnis, diperlukan manajemen pengelolaan bisnis yang dapat menunjang operasional organisasi dalam menghadapi tantangan-tantangan dan dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Salah satunya melalui peningkatan kompetensi dan peran dari fungsi Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan “jiwa” (soul) dari organisasi. Banyak perusahaan memberi porsi tugas, tanggung jawab, dan kewenangan fungsi SDM belum sampai pada tahapan menjadi mitra strategis bagi perusahaan (Majalah Swa Sembada 2008). Salah satu faktor dominan penyebabnya adalah kurangnya pemahaman, baik manajemen perusahaan maupun manajer yang bertanggung jawab dalam fungsi SDM mengenai peran manajemen SDM (MSDM) di dalam organisasi. 
Dalam mempelajari lebih lanjut tentang manajemen sumberdaya manusia diperlukan survei lapang yang riil dalam dunia usaha. Sebagai contoh, kami mengunjungi usaha Capucino Cincau Starbooth yang berada di Babakan Tengah Kecamatan Dramaga Bogor dalam upaya mempelajari manajemen sumberdaya manusia.

1.2         Tujuan
Mempelajari manajemen sumberdaya manusia dalam kaitannya didunia usaha.


1.3          Ruang Lingkup
Waktu    : 20 April 2016
Tempat   : Cappucino Cincau Starbooth Babakan Tengah.
Bahasan : Mengetahui manajemen sumberdaya manusia di UMKM Capucino Cincau Starbooth Babakan Tengah.

BAB II
PEMBAHASAN

Dalam mempelajari manajemen sumberdaya manusia kami mengambil contoh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yaitu Cappucino Cincau Starbooth. Usaha ini bergerak dibidang minuman dalam kemasan. Cappucino Cincau Starbooth berlokasi di Babakan Tengah. Cappucino Cincau Starbooth menawarkan delapan variasi rasa, yaitu vanilla, cokelat, taro, capuucino, green tea, leci, strawberry, dan moka. Usaha ini dimiliki oleh Ibu Dedeh dan sudah memiliki empat orang karyawan. Segmen pasar dari Cappucino Cincau Starbooth adalah kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Akan tetapi segmen pasar lebih didominasi oleh kalangan mahasiswa.
Manajemen yang diterapkan oleh UMKM Cappucino Cincau Starbooth adalah dengan sistem kendali dipegang oleh pemilik usaha dan dibantu oleh karyawan. Sistem perekrutan karyawan yang dilakukan UMKM ini dengan cara melamar secara langsung ke UMKM tersebut. Kriteria karyawan yang akan diterima oleh pemilik harus memiliki sifat jujur, memiliki pengalaman kerja, dan bertanggung jawab. Setelah itu, pemilik usaha akan melakukan pelatihan langsung kepada karyawannya melalui praktek kerja di usaha ini. Dalam monitoring dan evaluasi kinerja para karyawannya, pemilik usaha mengawasi karyawan secara berkala terhadap kinerja karyawannya dan memberikan arahan apabila karyawan melakukan kesalahan.
           

Orientasi dan pemutusan kerja dalam usaha ini adalah secera kekeluargaan. Pemilik usaha akan mempertahankan karyawannya jika memiliki kinerja yang baik. Seperti mampu bekerja secara ulet, gigih, dan jujur. Tetapi apabila karyawannya melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai budaya yang diterapkan dalam usaha ini yakni sikap jujur, gigih, dan bertanggung jawab, maka pemilik usaha akan mengambil langkah tegas dalam bentuk pemutusan hubungan kerja. Demi mencapai tujuan usaha yaitu mampu maju dalam persaingan dunia usaha, langkah perencanaan kedepan dan pengembangan karir yang dilakukan oleh usaha ini adalah dengan membuka cabang di berbagai daerah, berinovasi terhadap produk yang ditawarkan, dan melakukan pelatihan soft skill kepada karyawannya. Dalam hubungan sosialnya  kepada masyarakat (CSR), UMKM Cappucino Cincau Starbooth ini memberikan sumbangan melalui RW setempat untuk digunakan dalam membantu pembuatan rumah warga. Selain itu juga membuat pelebaran jalan umum disekitar tempat usahanya.

           
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Manajemen sumberdaya organisai dalam studi kasus UMKM Cappucino Cincau Starbooth Babakan Tengah sepenuhnya belum dapat dikatakan baik. Dalam pelaksanaan manajemen sumberdaya organisasinya UMKM Cappucino Cincau Starbooth ini belum menerapkan perkiraan resiko kedepan terhadap usaha yang dijalaninya. Hanya saat ini usaha Cappucino Cincau Starbooth telah menerapkan sistem perekrutan karyawan secara internal, memberikan pelatihan kepada karyawannya, mengadakan CSR kepada masyarakat setempat, dan perencanaan usaha jangka panjang.

3.2 SARAN
            Hendaknya pihak Departemen menginstruksikan tugas secara jelas dan diterangkan oleh Dosen pengajar, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penafsiran tugas yang akan dikerjakan.


DAFTAR PUSTAKA

Kuswanto S, Mangkuprawira S, Djohar S, Hermawan A. 2010. Peran MSDM strategik dalam pengembangan perusahaan : studi kasus pada perusahaan industri Petrokimia. Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol 1 (3). Hal 162-170.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification
Downloaded from Free Templates